Pencak Silat Klasik Sahabat Borong Medali di Kejurnas Pencak Silat Hasanuddin Championship I

By Admin


MAKASSAR -- Perisai Emas Nusantara sukses menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pencak Silat Hasanuddin Championship I yang dilaksanakan mulai tanggal 27 hingga 29 September 2024, di Gelanggang Olahraga (GOR) Sudiang Kota Makassar.

Pendiri Perkumpulan Pencak Silat Klasik Sahabat (PPSKS) Chrispinus Wangge mengatakan, kurang lebih 1.400 peserta atau 99 perguruan dari 8 Provinsi diberbagai perguruan telah mengikuti serta menampilkan pesilat-pesilat terbaiknya ditingkat usia dini, pra remaja maupun remaja dan satu kategori yang baru pertama kali dilaksanakan di indonesia yaitu kategori master di ajang Kejuaraan Nasional Pencak Silat Hasanuddin Championship I yang diselenggarakan oleh Perisai Emas Nusantara.

PPSKS sendiri telah menurunkan pesilat asal NTT yang mewakili Kota Makassar sebanyak 8 orang yang terdiri dari seni tunggal tiga (3) orang dan lima (5) atlet lainnya adalah Fighter.

“Dalam perolehan seni tunggal memperoleh medali emas, SMP memperoleh medali perak dan tingkat SMA mendapatkan perunggu, fighter memperoleh 8 perunggu,” ungkap Chrispinus saat ditemui media di salah satu warkop Jalan Gunung Latimojong, Kota Makassar, Selasa (1/10/2024).

Ini ajang pertama kali yang di ikuti oleh PPSKS di tingkat Nasional dengan harapan pemerintah Kota Makassar atau yang terkait dapat membantu dari segi fasilitas kelengkapan PPSKS sebagai penunjang di seni bela diri pencak silat.

“Kami berharap semoga pemerintah setempat bisa membantu dari segi fasilitas, kami tidak punya apa-apa, karena kami baru didirikan tahun 2020 kemarin,” harap pendiri PPSKS.

Melalui ajang ini, diharapkan bisa menjadi ruang prestasi yang sehat dalam mencetak atlit silat yang berbakat. Selain itu, juga dapat menjadi wadah pemersatu regenerasi para kader-kader pencak silat utamanya dalam mempererat hubungan silaturahmi. (hen)